Welcome To Blog Library STIPAP Medan

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Library Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan Medan

LIBRARY AWARDS 2014

Perpustakaan Terbaik 2013

Senin, 23 Juli 2012

Tetap Aktif Bekerja Selama Berpuasa

0 komentar
Ibadah ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat islam. Berpuasa adalah kewajiban yang ditunaikannya. Karena bulan ramadhan hanya satu tahun sekali. Sangat sayang apabila kita tidak melakukan puasa lantaran malas atau takut tidak kuat dalam menjalankannya. Bagi mereka yang memiliki sakit pun akan tidak terasa apabila dia berpuasa. Subhanallah..


Pada bulan ini aktivitas pun terasa tidak seperti biasanya, apabila kita sering menemui restoran ataupu kantin-kantin yang penuh ketika jam istirahat tiba, maka di bulan ini akan terasa sepi. Mereka akan menjajakan makanan ketika jam berbuka akan tiba. Begitu juga aktivitas di perkantoran, ada perusahaan yang melakukan jam pulang lebih cepat dengan memangkas sedikit jam istirahat. Adanya ketentuan jam pulang lebih cepat untuk menghormati mereka yang bersiap untuk berbuka. Namun juga ada perusahaan yang tetap seperti bulan-bulan lain dengan jam kantor yang seperti biasa. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga ibadah puasa Anda:

1. Luruskan niat

Segala sesuatu itu tergantung pada niat kita. Niatkan puasa sebagai penghambaan kita kepada Allah. Jika kita telah tancapkan niat pada kalbu maka segala sesuatu yang tampaknya berat akan menjadi ringan. Bukankah segala sesuatu itu balik pada niat dan pikiran kita? Bagaimana kita berpikir tentang diri kita maka itulah yang akan terjadi pada diri kita.

2. Perbanyak ibadah

Kebiasaan nongkrong di waktu jam makan siang di kafe atau mal, kita ganti dengan nongkrong di masjid, membaca buku, membaca Alquran, mendengarkan ceramah atau aktivitas lainnya yang meningkatkan ibadah. Setelah itu, saat jam istirahat selesai, kita balik lagi ke kantor.

3. Jangan menjalankan aktivitas yang terlalu berat

Hasil riset telah membuktikan bahwa tubuh manusia sebenarnya mampu untuk tidak makan selama 2 minggu asalkan tetap minum ataupun tanpa minum selama kurang lebih 1 minggu saja. Karena kekurangan tenaga akibat puasa ini, tubuh memanfaatkan energy dari cadangan gula otot (glikogen) apabila cadangan dalam glikogen tubuh habis, maka tubuh akan menggunakan cadangan lain seperti protein dan lemak. Disarankan untuk tidak melakukan pekerjaan yang memerlukan banyak tenaga. Apabila diperlukan untuk menjalani aktivitas yang berat, hendaknya lebih banyak mengkonsumsi air agar tidak dehidrasi dan cadangan gizi lain seperti susu.

4. Atur menu saat berbuka dan saat sahur

Pengaturan menu berbuka dan sahur adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan ibadah puasa. Pilihlah makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan metabolism tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Apabila perlu konsumsi multivitamin untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

5. Olah raga

Lakukan olah raga ringan seperti yoga, atau senam low impact atau pemanasan ringan untuk melemaskan otot tubuh sebelum berangkat ke kantor atau satu jam sebelum berbuka. Dengan berolah raga maka akan meningkatkan semangat kita dalam beraktivitas dan beribadah di bulan ramadhan.
Best regards,
Fadhil Fraya, AMd
Librarian

STIPAP Medan
fadhil_fraya@yahoo.co.id
http://www.stipap.ac.id/

0 komentar:

Poskan Komentar